Categories

Cara Membuat Setrum Ikan Nila Bertegangan Tinggi Dan Mantap

Selamat sore sob "para strumer mania", kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara membuat setrum ikan nila bertegangan tinggi dan mantap dengan menggunakan platina. Disini akan saya perjelas mengenai racikan resep untuk meneparkan ikan nila dengan menggunakan setrum ikan yang dirancang menggunakan sparpart kendaraan yang berupa platina motor maupun maupun mobil. Mungkin saja bagi anda yang mempunyai hoby menyetrum ikan mendengar strum ikan menggunakan platina akan menganggap sesuatu hal yang sudah tidak asing lagi karena rata-rata setrum ikan yang di rancang adalah menggunakan platina walaupun sebagian lagi ada yang menggunakan setrum ikan type elektrik. Namun kali ini akan saya bagikan bagaimana racikan setrum platina menggunakan 1 buah accu dapat meneparkan ikan nila sebagaimana yang kita ketahui bahwa ikan nila tergolong jenis ikan yang sulit untuk di setrum karena mempunyai kecepatan, lincah dan bersisik rapat.

Membuat setrum ikan khususnya untuk ikan nila tidak seperti membuat setrum untuk ikan bader, lele maupun ikan gabus, karena jenis ikan-ikan tersebut sangatlah mudah untuk di teparkan dan hal itu berbeda dengan ikan nila. Adapun cara membuat setrum ikan nila menggunakan platina menurut perakitannya di bagi menjadi beberapa bagian dan yang paling penting adalah racikan untuk menghasilkan setrum ikan yang bagus dengan daya besar atau tinggi untuk melumpuhkan ikan nila. Selain untuk ikan nila juga bisa di gunakan untuk melumpuhkan ikan besar lainnya. Adapun untuk membuat setrum ikan nila menggunakan platina akan saya uraikan seperti di bawah ini.

Membuat Setrum Ikan Nila


Berbicara mengenai setrum ikan, banyak sekali jenis dan karakternya; namun kali ini yang akan kami bahas adalah setrum ikan nila menggunakan platina. Sejak dulu setrum platina merupakan salah satu setrum yang sangat umum di gunakan oleh kebanyakan orang untuk menangkap ikan. Namun dari berbagai setrum ikan nila yang menggunakan platina tersebut tentunya terdapat perbedaan dalam meraciknya sehingga ada sebagian setrum ikan yang hanya bisa untuk melumpuhkan ikan besar-besar saja atau ikan yang kecil-kecil saja karena daya yang di hasilkan dari perakitan setrum akan berdampak pada ikan yang akan di tangkapnya seprti halnya strum ikan yang di buat dengan satu koker atau satu sepuel. Namun untuk meraciknya menjadi setrum yang bertenaga besar atau tinggi perlu komposisi yang pas. Adapun cara membuatnya adalah dengan cara sebagai berikut:

Sebelum perakitan di lakukan terlebih dahulu bahan yang akan kita gunakan hendaknya harus terkumpul terlebih dahulu. Adapun bahan yang perlu di persiapkan antara lain:

Besi Kern


Besi kern I bisa di dapat dari toko elektronik dengan harga sekitar Rp1000 per biji. Besi kern dapat kita ambil dari trafo 10A-20A atau juga bisa kita menggunakan bahan-bahan seperti:
  1. Lempengan besi tipis/besi plat
  2. Jari-jari motor
  3. Kern I dari trafo 5A

Dari kern-kern di atas saya sarankan menggunakan kern I karena menghasilkan medan magnet lebih bagus di bandingkan jari-jari maupun potongan lempengan besi. Susunlah kern besi dengan lebar dan tinggi masing-masing 2 cm dengan panjang 12 cm.

Setelah kern i telah siap tersedia, kemudian buatlah susunan dengan tinggi 2 cm lalu bungkus dengan kertas trafo atau bisa juga dari bekas kertas semen atau dari bahan lain yang tidak mudah terbakar.

Buatlah koker yang di pasang pada kedua ujung kern tersebut untuk pembatas lilitan supaya lebih rapi.
Kern I
Selain di atas anda juga bisa membuat tempat kern i yang terbuat dari paralon seperti pada gambar di bawah ini.
Koker Yang Terbuat dari Paralon

Platina


Platina bisa kita dapatkan di toko sparpart motor atau mobil atau bisa juga mengambil platina bekas asalkan sepatu platina masih dalam keadaan bagus. Namun apabila anda ingin membuat lebih bagus saya sarankan menggunakan platina mobil karena lebih kuat dalam menghantarkan arus listrik di bandingkan platina motor.
Selain menggunakan platina mobil/motor, anda juga bisa membuat platina sendiri dari bahan-bahan mata bor listrik atau mata serkel yang banyak di perjual belikan. Keduanya juga masih bisa kita gunakan untuk memperringan biaya yang di keluarkan.

Tangkai platina


Tangkai platina bisa kita modif sendiri baik itu dari gergaji besi yang di potong kira-kira 12cm. Selain dari gergaji besi juga bisa menggunakan bahan dari logam lainnya seperti gambar di bawah ini lalu pasanglah juga baut penyetel yang berfungsi mengatur kekencangan platina.



Tangkai Platina


Kondensor/Capasitor


Kondensor bisa kita ambil dari kondensor mobil atau motor. Adapun kondensor yang bagus untuk pembuatan setrum ikan adalah bermerek denso 0.22uF. Selain itu juga dapat menggunakan capasitor ceramic yang berkode 224j, namun untuk setrum ikan saya sarankan menggunakan kondensor karena lebih kuat dan hasilnyapun juga lebih bagus.

Email


Kawat email yang bisa anda gunakan untuk membuat trafo setrum ikan nila lebih baik menggunakan email yang berukuran besar yaitu antara 1,5mm- 3mm untuk primer. Sedangkan skunder 0,8mm-2mm dengan kata lain kawat email primer harus lebih besar ukurannya dari pada email skunder.

Baut Penyetel


Untuk mengatur kekencangan platina, sebaiknya berilah baut penyetel platina yang di letakkan di dekat tangkai platina seperti pada gambar di bawah ini.
Penyetel Platina

Cara Pembuatannya

Cara yang paling awal dalam merakit setrum ikan adalah memahami skema yang akan kita tiru. Adapun skemanya seperti pada gambar di bawah ini.

Pertama kali yang kita buat adalah sepul yaitu dengan cara menggulung email primer terlebih dahulu sebanyak kira-kira 200-230 lilit apabila untuk 2 accu yang di seri. Namun apabila ingin menggunakan 1 buah accu saja cukup 175-200 lilit. Namun apabila anda menginginkan daya yang lebih besar untuk meneparkan ikan nila saya sarankan cukup 190 lilit untuk dua buah accu yang di seri. Apabila ingin menggunakan 1 buah accu cukup 175-180 lilit.
Cara Menggulung Sepul

Kemudian setelah lilitan primer sudah selesai yaitu kira-kira 3 sap yang terlilit pada kern besi tersebut barulah di teruskan dengan melilit skundernya kira-kira 400-600 lilit dengan cara di sambung dengan ahir lilitan primer (awal skunder di sambung dengan ahir primer).

Selain satu koker, anda juga bisa membagi dua atau tiga bagian dengan membatasi kern tersebut hingga menjadi sepul dua atau tiga koker seperti pada gambar di bawah ini.
Spul 2 Koker
Cara pelilitannya sama seperti pada pembuatan spul satu koker seperti di atas, namun lilitan skunder di lilit di sebelah lilitan primer.

Setelah pembuatan spul sudah selesai tinggal merakitnya dengan cara meletakkan ujung spul tepat di depan tangkai platina yang telah kita buat dengan jarak kira-kira 1 cm, lalu menyetelnya dengan cara mengencangkan atau mengendorkan tangkai platina dengan baut penyetel dan pilihlah setelan yang pas. Hindari setelan terlalu kencang atau terlalu kendor karena setelan terlalu kencang dapat membuat boros accu/merusak platina sedangkan setelan yang kendor akan menghasilkan daya lebih rendah. Masukkan rangkaian alat setrum tersebut kedalam box dan alat setrum telah siap di gunakan.

Demikianlah Cara Membuat Setrum Ikan Nila Bertegangan Tinggi Dan Mantap yang mudah anda buat.  Dan apabila anda kesulitan dalam merakitnya silahkan berkomentar di bawah dengan sopan dan saya akan senang hati membantu anda dalam membuat setrum ikan nila tersebut.

65 komentar:

  1. asalamuallaikum. boz numpang tanya
    k 200 lilit plimer itu persap . apa semuanya segitu???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mf bos naya ni.yg keluwar dari bak sepol brapa kbel bos.

      Hapus
    2. Slmt pagi mas.saya mau tny ni klo sy gulung primer z pke email 1.7 hrs ny brp sap??pnjg kern saya 12cm tp yg sy gulung cm 10cm.tgi n lbr kern saya masing" 2cm.mohon petunjuk ny mas

      Hapus
  2. Gan kl kita mau membuat gulungan primer sj menggunakan 2 aki yg di seri trus menggunakan kawal imail 2mm berapa sap yg harus d gulung.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksimal 10 sap gan agar aki awet dan tahan lama..

      Hapus
  3. gan kalo beli kawat email di toko tuh harus on"an atau kilon
    berapa on saya harus beli kawat yang besar dan brapa on untuk kawat yang kecil.
    tolong si balas secepatnya gan penting

    BalasHapus
  4. gan klo ukuran 2mm pasangan yg pas brapa gan.. tolong pencerahanya sebelum saya belanja. klo bisa langsung di balas. trimakasih

    BalasHapus
  5. setrum yang saya rakit.. mantap gan... kawat email 2mm 7 on kern 12cm tebal 2cm. primer 4sap.. dan sekunder 17 sap. ukuran nya tidak tahu. yang penting sebesar yoke tv tabung..

    BalasHapus
  6. Mf numpang share klo aki 2di seri biasanya kondensor cepet mati,soalnya condensor max12v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kualitas dan jumlah kondensornya gan sebaiknya gunakan 8 biji keatas untuk 1 aki

      Hapus
  7. Kalo pake kapasitor yg 16uf apa hasilnya akan bagus gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu besar gan ..sebaiknya pake yang 6uf kebawah

      Hapus
  8. gan gimana cara ngukur potase trum platina. pake avo meter sklar nya DC apa AC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mf setau ku ac/arus bolak-balik.kecuali pkai deode baru dc

      Hapus
  9. Ya jenis kawat nya bagus suprain/ Philips si untuk membuat coilnya mhon pnjlsnnya

    BalasHapus
  10. Kalo pake satu aki primer 180 lilit itu yg pas untuk imael ukuran brapa mili ya..
    Dan untuk sekundernhya imail berapa mili yg pas..keseluruhan itu brapa ons untuk primer dan sekundernya..monggo di jawab kang

    BalasHapus
  11. Apa bisa bikin primer dgn 3 inti besi atau 3 gulungan dgn jumlah lilitan 180 dlm satu rangkaian.. TRIms sblmz

    BalasHapus
  12. Om Itu sudah dites ,,, gimana ikannya
    terkapar...

    BalasHapus
  13. gan mau tanya klo bikin setrum ikan pake tembaga kabel biasa ukuran kabel 1,5 bisa ga ga... kabel nya kabel eterna gan...

    BalasHapus
  14. Omm mau tanya..saya pnya keren p 13 cm.lebar 2 cm.. tinggi 2 cm...bagus pke kwat primer sma skunder ukuranya brapa mas..yang buat ikan nila..tpi di aki ndak boros..mohon di jawab omm trima kasih

    BalasHapus
  15. Gan ujung kawat yang dikeluar 3 apa 4

    BalasHapus
  16. Maksudnya ujung kawat lilitan primer dan ujung kawat sekundernya

    BalasHapus
  17. ma.ap gan mau nanya keren dari seng talang bagus apa ngga trus kalau pake kawat imal cocok nya ukuran berapa mili terima kasih

    BalasHapus
  18. ma.ap gan mau nanya keren dari seng talang bagus apa ngga trus kalau pake kawat imal cocok nya ukuran berapa mili terima kasih

    BalasHapus
  19. Gan mau tanya
    Saya sudah buat spul dgn ukuran kawat1.5mm primer 6sap pakai kapasitor 16uf
    Ikan di dlm ember mati
    Di parit dgn kdlamn 0.5m lari
    Yg salah di mana ya gan..
    Tolong pencerahannya

    BalasHapus
  20. Gan mau tanya
    Saya sudah buat spul dgn ukuran kawat1.5mm primer 6sap pakai kapasitor 16uf
    Ikan di dlm ember mati
    Di parit dgn kdlamn 0.5m lari
    Yg salah di mana ya gan..
    Tolong pencerahannya

    BalasHapus
  21. Gan mau tanya
    Saya sudah buat spul dgn ukuran kawat1.5mm primer 6sap pakai kapasitor 16uf
    Ikan di dlm ember mati
    Di parit dgn kdlamn 0.5m lari
    Yg salah di mana ya gan..
    Tolong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapasitor ganti yg 5uf. Condensor pasang 12 biji merk Denso yg 0.25 uf. Pake aki 12 vol 2 biji. Jadi 24 vol. Di jamin kedalaman 1 meter lebih naik ke atas gak mati di dalam

      Hapus
  22. Mas mau nanya kalau perimernya 2 mm sekundernya 1,2mm,berapa ons p dan s.mohon pencerahanya

    BalasHapus
  23. Mas numpang nanya ,kalau p 2mm, s 1,2mm .berapa ons p dan s nya .mohon pencerahannya

    BalasHapus
  24. Gambarnya ngak kelihatan bos

    BalasHapus
  25. Gan mw nanya sya udh rakit setrum dgn ukuran kawat primer 1.2 mm sebanyak 4 sap dn secunder 0.7mm sebanyak 11 sap
    Tapi output tegangan ny kurang kencang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab gan mungkin dari primernya terlalu kcil latina dan besi kern juga jumlah kodensor tp sepengalaman saya saya agan tambah kabel untuk kawat kanan dipisah jangan ngambil dari +plus aki tapi tempelin dikawat platina getar setrum akan naik dan platina juga akan dingin dan awet

      Hapus
  26. maaf bos mau tanya...kalau kawat primer dan sekunder sama ukuranya gimana bos sama..1,5m๐Ÿ™

    BalasHapus
  27. maaf bos mau tanya...kalau kawat primer dan sekunder sama ukuranya gimana bos sama..1,5m๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab gk boleh sama gan karna nanti kawat yang primer akan panas dan terbakar minimal skunder 1,2 kebawah

      Hapus
  28. Mas saya punya trafo srum ikan dengan spesifikasi sbb:
    - lebar kren 2,5 cm, tebal 2,5 cm dan panjang gulungan 10 cm.
    -Gul. Primernya: kawat email 1,2 mm, 2 lapis masing-masing 83 lilit jadi totalnya 166 lilitan.
    -Gul. Sekundernya: kawat email 0,4 mm, 20 lapis masing-masing 250 lilit jadi totalnya 5000 lilitan.
    -Pakai 1 kapasitor sanyo:10uf/450v.
    -kern: lapisan potongan-potongan gergaji besi yang lebarnya 2,5 cm.
    Hasilnya, sangat luar biasa utk smua jenis ikan apalagi Nila langsung pingsan.
    Pertanyaan saya, berapa voltase dan kuat arus yang dihasilkan pada output strum saya ini? Saya gak punya avometer.
    Mohon pencerahannya ya mas,terimakasih.(mbak Puji Lampung Timur)

    BalasHapus
  29. Mas saya punya trafo srum ikan dengan spesifikasi sbb:
    - lebar kren 2,5 cm, tebal 2,5 cm dan panjang gulungan 10 cm.
    -Gul. Primernya: kawat email 1,2 mm, 2 lapis masing-masing 83 lilit jadi totalnya 166 lilitan.
    -Gul. Sekundernya: kawat email 0,4 mm, 20 lapis masing-masing 250 lilit jadi totalnya 5000 lilitan.
    -Pakai 1 kapasitor sanyo:10uf/450v.
    -kern: lapisan potongan-potongan gergaji besi yang lebarnya 2,5 cm.
    Hasilnya, sangat luar biasa utk smua jenis ikan apalagi Nila langsung pingsan.
    Pertanyaan saya, berapa voltase dan kuat arus yang dihasilkan pada output strum saya ini? Saya gak punya avometer.
    Mohon pencerahannya ya mas,terimakasih.(mbak Puji Lampung Timur)

    BalasHapus
  30. mas mau nanya,klw spul tipe ps ac apa memang harus tiga kabel yg keluar ke stik kanan??
    mksh..

    BalasHapus
  31. Bantu jawab 2 gan untuk stik kanan disambung ke kontak

    BalasHapus
  32. mana kondensor yg lebih bagus untuk ikan nila
    0,22uf
    0,22uf
    0,27uf

    BalasHapus
  33. mana kondensor yg lebih bagus untuk ikan nila
    0,22uf
    0,25uf
    0,27uf

    BalasHapus
  34. Gan mau tanya kalau email P 1,5 dan S 1,2 it bagus tidak ..
    Dan p3 sap untuk S brp sap gan ...mohon balasanya...

    BalasHapus
  35. Hehe setrum platina itu gk bisa akurat karna biasanya tester langsung jebol berbeda dengan tegangan pln gan punya saya jg 3sap dan 9sap tester 1000volt mentok langsung kluar api

    BalasHapus
  36. Mas mautanya kalau primer 2mm sekunder harusnya berapa mm ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo primer 2,0 mm sekunder o,65mm
      Gulungan primer di kern 9 shap. Dan gulungan sekunder 5 shap. Pake 2 buah aki. Di pararel 24 volt. Menggunakan kondensor 25 biji... Panjang keren 11,5 cm.platina pake sthil chain saw.

      Ikan nila akan tumbang...

      Hapus
  37. Gan sy mau tanya, sy punya besi Kern 2x2 12cm sy mau pake kawat email P 2mm berapa 3 sap dan berapa ons, dan kawat email S 0,9mm 12 sap berapa kg

    BalasHapus
  38. Kawat email 1,5 utk primer, 0,9 untuk sekunder. Masing2 berapa sap gan..? Dan butuh berapa ons P dan S. Thanks

    BalasHapus
  39. Kalau di tambah 2 biji kondensor pada output primer gmna hasil nya, tlng di jelas kan๐Ÿ™

    BalasHapus
  40. Dan cara pasang paralel atau di seri 2 biji kondensor pada gulungan sekunder output nya

    BalasHapus
  41. Mas gimana cara membuat strum dengan 3 gulungan paling pas buat 1aki

    BalasHapus
  42. mf klu p keren yg terlilit7cm kawat p menggunakan kawat 1,1 berapa sap dn untuk sekunder menggunaka kawat 0,9 berapa sap

    BalasHapus

//add jQuery library